Cari Blog Ini

Kamis, 18 Maret 2010

Kisah Nabi Adam A.S Part 3

Pada saat itu Adam dan Hawa,sedang merasa lelah,haus dan lapar.Terlebih setelah mendengarkan ucapan iblis bahwa buah khuldi itu rasanya paling lezat disorga.Keduanya pun pada peringatan Allah.Keduanya lalu memakan buah itu.Rasanya memang lezat hingga keduanya lupa pd larangan Allah.
Allah mencela perbuatan mereka dan berfirman : "Bukankah aku telah melarang kamu berdua mendekati pohon itu,dan aku katakan padamu; Sesungguhnya syetan itu adalah musuhmu yang nyata."
Adam dan Hawa sangat menyesal.Terlebih setelah memakan buah itu aurat mereka terbuka.Mereka berlarian kesana kemari sembari menutupi auratnya dengan dedaunan sorga.Mereka sangat malu dan takut mendengar firman Allah.
Namun akhirnya Adam dan Hawa sadar bahwa mereka tak mungkin dapat menyembunyikan diri dari hadapan Allah yang Mahatahu.
Dengan tertunduk malu,menyesal atas dosa yg telah dilakukan Adam berkata, "Wahai Tuhan Kami,kami telah menganiaya diri kami sendiri dan telah melanggar perintah-Mu,karena terkena bujukan iblis,jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami,niscaya pastilah kami termasuk golongan orang-orang yang merugi."

ADAM DAN HAWA DITURUNKAN KEBUMI

Allah Maha Pengasih dan Mahapengampun Taubat Adam dan Hawa diterima, keduanya diampuni Allah.Tetapi atas kesalahan itu mereka harus keluar dari sorga yang penuh kenikmatan.Ini sudah sesuai dengan kehendak Allah yang memang menciptakan manusia sebagai khalifah dibumi,sebagai penghuni dan pengatur planet bumi.
Maka berfirmanlah Allah : "Demi kemuliaan-Ku,kamu berdua harus meninggalkan sorga ini.Kalian akan turun kebumi yg telah lama terbentang. Disana segala kebutuhan hidupmu tersedia,tetapi kalian harus bersusah payah,harus bekerja keras untuk mendapatkanya."

Selain Adam dan Hawa,iblis juga diusir dan harus hidup dibumi.Jadi Adam dan Hawa akan hidup bersama iblis dibumi.Firman Allah : "Turunlah kalian kebumi.Dibumi kamu hidup,dibumi kamu mati.Dari bumi itu pula kamu dibangkitkan. Diatas bumi kelak kamu dan anak cucumu selalu mendapat godaan dan tipu daya iblis agar anak cucumu celaka dan hidup,sengsara. Disana anak cucumu akan menghadapi perjuangan berat,dari jenis lelaki akan bersusah payah mencari nafkah untuk keluarga.Dari jenis perempuan akan mengalami kesakitan kala melahirkan anak.Namun kamu jangan khawatir kamu dan anak cucumu akan Ku-beri petunjuk-petunjuk yaitu ajaran-ajaran agama. Barangsiapa mengikuti petunjuk-Ku maka ia akan selamat dari godaan iblis."
Demikianlah,Adam dan Hawa harus turun dari sorga.Sewaktu diturunkan kebumi keduanya berada ditempat yg terpisah jauh.Konon Adam diturunkan di tanah Hindia,sedang Hawa ditanah Arab.

Dibumi mereka harus menghadapi tangtangan berat untuk mempertahankan kehidupan.Waajah bumi yg belum tersentuh tangan manusia keadaannya sangat menyeramkan. Gunung-gunung menjulang tinggi,jurang-jurang terjal menganga lebar,pohon-pohon raksasa tumbuh berserakan, binatang-binatang buas baik yg besar maupun yg kecil berkeliaran dimana-mana.
Untuk melindungi tubuhnya dari hawa dingin dan sengatan serangga,Adam dan Hawa memakai kulit binatang sebagai pakaiannya.
Selama bertahun-tahun keduanya saling mencari dan berkelana dari satu tempat ketempat lainnya.Perjalanan yg ditempuh sangat sukar dan penuh bahaya.Derita dan sengsara benar-benar mereka rasakan.Akhirnya mereka bertemu dipadang ARAFAH setelah saling mencari hingga empat puluh tahun.
Betapa terharu Adam melihat keadaan istrinya yg telah kepayahan. Sengsara menapak jalan yg sulit dan kejam.Mereka berpelukan, menangis penuh haru.
Kini mulailah babak baru bagi kehidupan cikal bakal anak manusia.Adam dan Hawa tinggal disebuah goa yg besar dan lebar.Goa itu terletak didaratan tinggi sehingga tak gampang diserang binatang buas.
Dengan bekal yg telah diberikan Allah,Adam mulai mengelola alam disekitarnya.Ia menjinakkan binatang buas untuk diternakkan, mengolah lahan pertanian dan perkebunan buah-buahan. Tantangan alam yg keras telah menggerakkan akal pikiran Adam agar dpt mempertahankan kehidupan dengan keadaan yg lebih baik.
Apakah karena kesalahan Nabi Adam sehingga seluruh umat manusia harus menderita hidup didunia ? Bukan ? Nabi Adam memang diciptakan Allah sebagai khalifah atau pegelola bumi dan isinya.Hanya saja,setelah diciptakan Nabi Adam ditempatkan disurga,setelah itu beliau harus ketempat tujuannya yaitu bumi.
Namun dari sini kita harus pandai-pandai dan waspada terhadap bujuk rayu iblis dan syetan.Mereka akan berusaha dengan segala macam cara untuk menjerumuskan manusia kelembah dosa.Salah satu jurus iblis yg paling ampuh untuk meruntuhkan iman manusia ialah menjadikan baik sesuatu perbuatan maksiat atau dosa dlm pandangan manusia.Padahal dosa adalah dosa,maksiat adalah maksiat,barang tetap haram ini sudah jelas,jika dilanggar berarti kita menuruti bujukan setan yang musuh nyata bagi semua umat manusia.Bukan setannya yg nyata tapi ucapan dan perbuatan yg bertentangan dengan agama itulah yg nyata dan dpt dipahami oleh manusia agar menghindarinnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar