Cari Blog Ini

Minggu, 07 Maret 2010

Kegembiraan Berarti Keberhasilan

Diawal abad yang lalu,ada seorang pemuda yang mempunyai angan-angan menjadi seorang pemain biola handal seperti Bognini.Begitu ada waktu senggang,dia selalu berlatih bermain biola,hingga lupa akan segalanya bagaikan orang yang kecanduan.Akan tetapi kemajuan yang dicapainya minim,hingga kedua orang tuanya pun merasakan permainan biola anak mereka yang malang ini. Sangatlah buruk,sama sekali tidak memiliki bakat dalam seni musik,tapi mereka takut untuk mengungkapan kenyataan yang akan melukai harga diri anak mereka itu.

Suatu hari,pemuda ini ingin berguru pada seorang biolis senior.Biolis senior itu berkata : "nak,coba kamu mainkan sebuah lagu untuk saya dengarkan." Pemuda itu memainkan lagu ketiga dari dua puluh empat lagu ciptaan Bognini.Gesekan biolanya terdapat banyak kelemahan sehingga tidak nyaman untuk didengar.Selesai memainkan sebuah lagu,biolis tua itu bertanya kepada sang pemuda.

Biolis tua : "mengapa kamu sangat gemar memainkan biola?"

Pemuda berkata : "saya ingin sukses,saya ingin jadi pemain biola seperti halnya Bognini."

Biolis tua bertanya : "apakah kamu gembira ?"

Pemuda menjawab : "saya sangat gembira.

Biolis tua itupun mengajak sang pemuda untuk pergi ketaman bunganya.

Biolis tua lalu bertanya kepadanya : "nak,kamu sangat gembira,hal ini bahwa kamu telah berhasil.Tidaklah perlu menjadi suatu keharusan berhasil seperti halnya Bognini menjadi seorang pemain biola yang agung.Dalam pandangan saya,gembira itu sendiri merupakan suatu keberhasilan.

Pemuda itu sangat tersentuh mendengar perkataan dari seorang biolis tua.Ia akhirnya memahami bahwa kegembiraan adalah keberhasilan yang membutuhkan biaya terendah dan juga resiko terkecil didunia ini,dan bisa memberikan manfaat bagi manusia.Jika meninggalkan kegembiraan dan mencari yang lain,seseorang mungkin sekali akan terjerumus didalam lumpur kekecewaan, kebingungan dan kerisauan.

Api yang bergelora dalam hati pemuda ini,sejak itupun menjadi padam,tenang,ia masih sering memainkan biola,tapi sudah tidak lagi terbelenggu oleh impiannya ingin menjadi Bognini.Seumur hidupnya ia masih gemar memainkan biola,walaupun permainannya masih tetap buruk,akan tetapi ia bisa mendapatkan kegembiraan tersendiri.

Dan nama pemuda itu adalah : Albert Einstein


Kegembiraan berarti keberhasilan. Inilah filosofi kehidupan yang penuh dengan kecerahan. Didalam hidupnya yang nyata,tidak sulit bagi kita menjumpai orang semacam ini,kebanyakan rona wajah mereka cerah memerah, bertubuh sehat,wajah berseri penuh senyuman,hati mereka gembira.Mereka telah mengekspresikan semua kebahagian hidup sebagaimana manusia hidup,didalam karier mereka tidak banyak memberikan sungbangsih, mereka jauh dari nama,keuntungan pribadi dan ketenaran.Orang seperti ini,apakah pantas dikatakan pecundang-pecundang.
Saya kira,belum tentu demikian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar