Cari Blog Ini

Senin, 08 Maret 2010

Kisah Nabi Adam A.S. Part 1

KEJADIAN LANGIT DAN BUMI

Sebelum Nabi Adam diciptakan.Allah menciptakan langit,bumi dan segala isinya; gunung, laut,tumbuhan, hewan.Binatang dan matahari sebagai sumber panas dan bulan sebagai penerang malam.
Langit dan bumi oleh Allah diciptakan dalam waktu 6 hari atau masa.Sedangkan 1 hari atau 1 masa disisi Tuhan sama dengan 1000 tahun menurut perhitungan manusia.
Allah Maha kuasa apabila menghendaki sesuatu cukup berfirman, "kun"(jadilah !) maka jadilah apa yang diinginkan-Nya.

ASAL MULA MALAIKAT

Sesudah menciptakan langit dan bumi maka Allah menciptakan makhluk yang bernama malaikat.Malaikat dibuat dari Nur atau cahaya.Malaikat diciptakan sebagai makhluk yang tunduk patuh senangtiasa berbakti kepada-Nya.
Malaikat tidak mempunyai nafsu,tidak makan dan tidak tidur,tidak melakukan perbuatan dosa.Tidak berjenis laki-laki atau perempuan dan mempunyai alam tersendiri yaitu alam ghaib yang tidak dapat dilihat manusia.

JIN DAN IBLIS

Jin dan iblis diciptakan dari api yang sangat panas.Ia mempunyai jenis kelamin laki-laki dan perempuan.Jin ada yang patuh dan ada yang ingkar kepada perintah Tuhan.Jin yang ingkar dan membangkang perintah Tuhan disebut iblis dan setan.
Iblis dan keturunannya adalah makhluk yang sangat durhaka dan jahat.Tidak ada kebaikan sama sekali.Pekerjaan iblis dan setan adalah menggoda manusia agar tersesat dan jatuh dalam lembah dosa.
Permintaan iblis untuk hidup didunia sampai hari kiamat dikabulkan Allah.Sebab dahulu iblis adalah makhluk yang pernah patuh kepada Allah.Jadi perpanjangan umur bagi iblis hingga hari kiamat adalah sebuah balasan bagi kebaikannya dimasa lalu sebelum diciptakan Nabi Adam.Setelah Nabi Adam diciptakan oleh Allah,iblis menjadi makhluk pembangkang, maka ia dikutuk oleh Allah dan diusir dari surga.

ASAL MULA NABI ADAM AS

Sesudah langit dan bumi,malaikat dan jin atau iblis diciptakan.Maka Allah hendak menciptakan makhluk yg akan diperintah untuk mengelola bumi.Hal itu diutarakan kepada para malaikat. "Aku akan menciptakan manusia untuk menjadi pengatur dibumi."
Para malaikat mengira lalai dalam menjalankan tugasnya maka mereka berkata; "Mengapa Tuhan menciptakan manusia ? Bukankah mereka hanya akan berbuat kerusakan diatas bumi.Mereka akan saling bermusuhan dan berbunuhan. Sedangkan kami para malaikat senangtiasa patuh dan mengagungkan nama-Mu ?"

Untuk melenyapkan kekuatiran para malaikat itu; Allah kemudian berfirman, "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."
Para malaikat bungkam mendengar penegasan Allah itu.Bukankah Allah maha mengetahui atas segala sesuatu ?.
Demikianlah Allah kemudian menciptakan Adam dari tanah liat dan lumpur hitam.Setelah terbentuk kemudian dimasukkan roh kedalamnya.Adam pun kemudian hidup,bisa berdiri tegak.
Allah kemudian memerintahkan para malaikat untuk bersujud atau menghormat kepada Adam.Para malaikat pun bersujud sebagai pernyataan hormat dan ucapan selamat atas terciptanya Adam.
Hanya iblis yang tidak mau bersujud.Ia membangkang perintah Allah.

Allah bertanya, "Apakah yang membuat engkau tidak mau bersujud kepada 'Adam ?"
"Saya lebih baik dari Adam.Engkau ciptakan saya dari api sedang Adam hanya dari segumpal tanah. "Kata ibis menyombongkan diri:
Yang berpendapat api lebih baik dari tanah adalah iblis sendiri.Padahal hanya Tuhanlah yang Mahatahu siapa yg lebih mulia diantara makhluk ciptaan-Nya.
Allah murka mendengar jawaban iblis, "Hai iblis keluarlah engkau dari sorga.Sungguh tdk patut kau tinggal disini lagi dan terkutuklah engkau selama-lamanya !"
Iblis berkata, "Wahai Tuhan ! Engkau kutuk dan Engkau usir aku dari sorga karena Adam.Saya rela,tapi kabulkanlah permohonan saya untuk hidup lama hingga hari kiamat nanti:'
Permohonan iblis dikabulkan: Ia akan dibiarkan hidup sampai hari kiamat tiba.

Iblis kemudian bersumpah, "Ya,Tuhan karena Engkau telah menghukum saya sebagai yang tersesat;maka saya akan menghalang-halangi Adam dan keturunannya dari jalan-Mu yg lurus.Saya akan mendatangi mereka dari muka dan belakang dari kiri dan dari kanan !"
Itulah sumpah iblis.Ia bertekad akan menyesatkan Adam dan keturunannya agar mereka menjauhi perintah Tuhan berbuat kekacauan dimuka bumi,saling bermusuhan dan berbunuhan satu sama lain.
Allah berfirman, "Untuk melawan segala tipu daya dan akal busukmu,Aku beri manusia senjata yg ampuh.Dengan akal itu Aku bimbing mereka dengan petunjuk-petunjuk(agama).Aku tuntun mereka kejalan yg benar.Dengan akal itu manusia akan mampu membedakan mana yg benar dan mana yang salah.Siapa yang tidak menggunakan akalnya tentu dapat kau sesatkan.Mereka yg sesat itu,akan mempertanggung jawabkan perbuatannya pada-Ku dihari kemudian !"
Mendengar firman Allah, Iblis semakin benci kepada Adam.Ia kemudian mendekati Adam. Diperiksanya seluruh tubuh Adam.Ia ingin mencari titik kelemahan Adam.Akhirnya dpt ditemukannya yaitu nafsu.Nafsu cenderung melakukan perbuatan yg buruk.Bila manusia cenderung menurutkan hawa nafsunya maka sangat mudah bagi iblis untuk menjerumuskan nya.Bersmbung dipart 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar